Sate Bulayak, Wisata kuliner yang wajib kamu nikmati saat ke Lombok - Sewa Mobil Lombok – Paket Wisata Lombok
sate bulayak

Wisata Kuliner Lombok – Sate Bulayak adalah Wisata kuliner di Lombok yang wajib dicoba. Kata ‘bulayak’ pada sate ini diartikan sebagai lontong. Dikenal sejak lama sebagai bagian dari upacara adat di Lombok. Sate ini bisa dinikmati sambil menikmati keindahan objek wisata di Lombok. Rasa bulayak sendiri mirp dengan rasa bumbu kari, dan yang sangat menonjol dari bumbu ini adalah rasa pedas sebagi chiri kas makanan Lombok

1. Sejarah Sate Bulayak

Jika kamu memiliki hobi melakukan wisata kuliner apalagi sate belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi sate bulayak, salah satu kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jenis sate ini sebenarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan sate pada umumnya tapi diracik menggunakan bumbu khas Lombok yang benar-benar lezat.

 

Sate bulayak merupakan salah satu makana khas dari daerah Lombok, tepatnya berasal dari kota Narmada yang merupakan taman peninggalan raja Mataram. Dinamakan Sate Bulayak, dikarenakan sate ini biasanya dinikmati dengan bulayak, yaitu lontong khas Lombok yang bahannya terbuat dari beras ketan. Bentuk dari bulayak ini sedikit berbeda dari lontong pada umunya, bulayak sendiri berbentuk bulat memanjang dan dibungkus dengan daun enau (nira) muda, bulayak sendiri berarti memutar.

 

Sate merupakan makanan khas masyarakat Indonesia yang identik dengan olahan makanan yang terbuat dari daging yang ditusuk dan dibakar ini dapat ditemui hampir di seluruh pelosok Indonesia. Asal-usul dari sate ini menurut warga sekitar merupakan bentuk lain dari masakan khas Timur Tengah, Kebab.

2. Rasa dan Tekstur Sate Bulayak

Sate bulayak tak begitu berbeda dari sate kebanyakan yang dimana dibuat menggunakan bahan dasar daging ayam, daging sapi dan jeroan. Kekhasan sate ini terdapat pada bulayak yaitu lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Yang dimana kata bulayak sendiri yang berarti cara membuka dari lontong yaitu menekan ujung kulit lalu diputar.

 

Bulayak memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang didapat dari daun enau sebagai pembungkusnya, baunya harum dan begitu menggugah selera. Selain dari bungkusannya yang terbuat dari daun enau (nira) bumbunya juga  mempunya citra yang unik. Bumbu kacang yang disajikan pada sate ini juga berbeda dengan bumbu sate pada umumnya. Bumbu kacangnya terbuat dari kacang tanah yang disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan serta bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, lada, santan kelapa, kemiri, cabai, dan air jeruk nipis agar sate menjadi lebih enak. Rasa bumbu kacangnya mirip bumbu kari dengan lebih menonjolkan rasa pedas yang merupakan ciri khas masakan dari Lombok.

 

Untuk menikmati sate ini, cukup dengan membuka daun yang melilit bulayak lalu bulayak dicelupkan ke saus kacang. Gurih bulayak dan saus kacang yang pedas menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

3. Dimana Bisa Menemukan Sate Bulayak?

Menurut kepercayaan setempat, seperti dikutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, sate ini sudah lama dikenal masyarakat dan menjadi bagian dari upacara adat. Tidak seperti sekarang, dahulu sate bulayak dihidangkan bersama saur (parutan kelapa), kacang kedelai, dan urap jambah. Semua sajian itu disimpan di wadah dulang, lalu ditutupi tebolaq (tutup saji makanan khas Lombok) yang dihiasi kaca cermin dan keke (kerang).

 

Jika ingin mencicipinya, tak sulit mencarinya. Para penjual sate bulayak bisa kamu jumpai di berbagai sudut kota Mataram. Kamu juga bisa menemuinya di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, Makam Loang Baloq, hingga Pantai Senggigi.

Liburan di lombok makin lengkap dengan mencoba Sate Bulayak Khas Lombok

Demikianlah tadi ulasan mengenai salah satu makanan khas lombok yaitu Sate Bulayak. Puas menjelajahi objek wisata di Lombok dan jangan lupa untuk sempurnakan liburan dengan mencoba berbagai kuliner khas Lombok ini.

 

Tertarik buat liburan di lombok? Ayo pesan Rental Mobil dari kami untuk kebutuhan akomodasi kamu selama disana. Cek Penawaran dari kami disini atau kunjungi situs kami untuk kebutuhan transportasi dan Paket wisata lainnya.

 

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.