3 Tempat Makan Ayam Taliwang Khas Lombok Paling Enak - Sewa Mobil Lombok – Paket Wisata Lombok

Makanan khas saat berlibur di Lombok

Membicarakan pulau Lombok memang tidak akan pernah terlepas dari pembicaraan mengenai kekayaan pantai, budaya, dan kulinernya. Salah satu kuliner yang tak terpisahkan dari pulau Lombok yaitu ayam taliwang. Dibalik kepopuleran dan kelezatan rasanya, ternyata sejarah ayam taliwang ini juga cukup unik untuk diketahui. 

Masakan bernama Ayam Taliwang ini merupakan kuliner yang pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Karang Taliwang. Kemunculan masakan ini pertama kali pada masa perang antara kerajaan Selaparang dan kerajaan Karangasem Bali. Melansir dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, pada masa itu pasukan dari kerajaan Taliwang di datangkan ke Lombok untuk membantu kerajaan Selaparang berdamai dengan kerajaan Karangasem.

Pasukan dari Kerajaan Taliwang kemudian ditempatkan di suatu wilayah yang diberi nama Karang Taliwang. Pasukan ini bertugas untuk melakukan pendekatan dengan Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak nyawa dan harta tidak berlanjut. Di dalam pasukan juga terdapat pemuka agama Islam, juru masak dan juru kuda yang semuanya memiliki tugas masing-masing.

Di saat inilah, para juru masak dari kerajaan Taliwang bekerja dengan baik. Mereka senantiasa menyiapkan masakan yang lezat untuk pasukan kerajaan Taliwang. Salah satu masakan tersebut adalah Ayam Taliwang. Juru masak membuat masakan ini dengan memanfaatkan bahan masakan serta bumbu yang ada di sekitar mereka.

Seiring berjalannya waktu, pasukan dari Taliwang dan suku Sasak Lombok saling berbaur. Dari pembauran ini kemudian muncul budaya baru baik itu dalam bersosialiasi mamupun pengolahan makanan yang saling disesuaikan antara pasukan Taliwang dan masyarakat asli Lombok. Dan dari sinilah sajian Ayam Taliwang tercipta.

Ayam Taliwang merupakan salah satu makanan khas Lombok yang harus dicoba. Kuliner Lombok yang populer ini memiliki cita rasa gurih dan lumayan  pedas. Selain itu jenis ayam yang dipilih adalah ayam kampung yang masih berusia 3- 4 bulan. Tak bisa dipungkiri lagi bagaimana empuk dan nikmatnya kuliner yang satu ini.

Di Lombok sendiri tempat makan Ayam Taliwang bisa dibilang cukup banyak. Berikut rekomendasi Ayam Taliwang terenak yang ada di Lombok versi rentcarlombok.com :

1. Ayam Taliwang Pak Udin

 

Ayam Taliwang Khas Pak Udin selalu dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah Mataram. Walaupun rumah makan ini mungkin terlihat sederhana, tapi soal rasa bisa dibilang juara. 

Seporsi Ayam ini dibanderol mulai dari Rp28.000, bisa dibilang cukup murah dibanding dengan Ayam Taliwang  lainnya. selain itu juga tersedia plecing kangkung dan terong bakar yang tak kalah nikmat dengan harga masing masing lima ribu rupiah saja. Supaya kamu tidak bingung untuk menuju ke destinasi kuliner ini kamu dapat menggunakan jasa sewa mobil di lombok agar mempermudah perjalananmu.

Alamat :  JL. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Cakranegara Bar., Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239

Buka setiap hari mulai pukul 17.00 – 00.00 WITA.

Nomor Telepon :0819-1780-2532

 

2. Ayam Bakar Taliwang Irama

 

Jika sedang berkunjung ke Ayam Taliwang Irama sebaiknya hindari jam makan siang karena sangat padat pengunjung. Khusus untuk Ayam Taliwang, di tempat ini tersedia beberapa varian, seperti ayam bakar sedang, ayam bakar pedas, ayam bakar madu pedas, ayam goreng dan ayam pelecingan goreng, yang dijual masing – masing-masing seharga Rp45.000,-. Jika kamu menggunakan paket wisata di lombok dari beberapa vendor biasanya akan diberikan pilihan untuk makan di tempat ayam taliwang ini.

Alamat: Jalan Ade Irma Suryani No.10, Karang Taliwang, Cakranegara, Karang Taliwang, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239

Buka setiap hari pukul 08.00 – 22.30 WITA

 

3. Ayam Taliwang H Moerad

 

 

Untuk kamu yang khawatir halal atau tidak nya makanan yang ada di Lombok, Rumah makan Ayam Taliwang H Moerad bisa jadi pilihan yang tepat. Karena kuliner khas Sasak ini  meraih penghargaan  Makanan Halal Khas Daerah Terbaik 2016 dalam ajang kompetisi pariwisata halal internasional yakni World Halal Travel Award (WHTA).

Rumah makan H Moerad ini jadi surganya para pencinta makanan pedas. Pengunjung dapat memilih sendiri tingkat kepedasan sesuai selera. Rasa pedas yang khas dan daging ayam kampung yang lembut jelas dapat memanjakan lidahmu. Untuk soal harga hampir sama dengan dengan rumah makan yang lainnya, yaitu Rp 40.000,- saja. 

Alamat : Jl. Pelikan, Pejanggik, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83121

Buka setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WITA

Nomor Telp. (0307) 633619

Jadi mau beli Ayam Taliwang khas lombok dimana?

Sekarang udah tau kan harus kamu coba ketika liburanmu di Lombok? Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan juga bujet yang kamu punya kok, sobat traveler. Temukan pengalaman liburan di lombok yang menyenangkan dengan rentcarlombok.com, kamu dapat sewa mobil sesuai kebutuhan dan juga paket wisata tentunya, Jadi Tunggu apa lagi? Kuy Liburan ke Lombok!!